Ngider Jakarta (2 A)


.


Waktu kecil gue emang jarang berkelana, kaga tau apa-apa lantaran emang jarang diajak kemana-mana. Pas sekarang udah gede gue bisa berkelana seenak jidat. Gue gak mau yang gue alami waktu kecil dialami sama adek dan sepupu-sepupu gue. Jadilah gue sering banget ngajak adek maupun sepupu buat berkelana.

Gue sih ga muluk-muluk ngajak berkelananya, yah yang deket dan ga perlu ngeluarin duit banyak. Misalnya gue nyuruh sepupu-sepupu gue ngumpulin duit biar bisa gue ajak nonton bioskop, iya sesimpel itu. Jangan sampe mereka baru nonton bioskop pas kelas 3 SMP deh, *curahan dari lubuk hati yang paling dalem*. Gue juga pernah ngajak sepupu-sepupu gue yang masih pitik buat renang. Gue sendiri yang gede, yang lainnya bocah ingusan. Paling gede kelas 3 SD dan paling kecil umur 5 taun, kebayang kan rebeknyee? Pas gue lewat di depan segerombolan remaja putri yang lagi doyan-doyannya ngomong sebuah kata yang mahadahsyat, GALAU, mereka kompak tereak "Bang, anaknya banyak banget bang". Asseeeeemmmmmmm!!

Gue yang biasanya ngajak sepupu-sepupu gue di sekitaran Tangerang aje, mulai memberanikan diri untuk ngajak mereka merambah bingarnya Jakarta. Kebetulan emang lagi musim liburan tahun 2010. Gue memboyong 6 orang adek sepupu gue. 1 orang yang masih SMA, 2 orang anak SMP, 2 orang kelas 5 SD dan 1 orang yang kelas 2 SD. Aiiihhhhmmaatteeeee banget dah ngegiring 6 orang bocah, untungnya yang 1 udah SMA jadi bisa gue jadiin tandem buat ngegiring bocah-bocah liar ini.

Gue ga ngerti deh nih bocah-bocah emang beneran adek sepupu gue ato anak-anak yang lagi kerasukan arwah anak bebek, berisik dan kaga bisa diem, sumpah dah. Disepanjang jalan adaaaaa aje yang diocehin, grasak-grusuk, gedabag-gedubug, super gaduh deh pokoknya. Bahkan nih yee sampe ada 1 anak yang saking napsunya sama Trans Jakarta, pas masuk gak liat-liat, alhasil kakinya terjerembab di antara pintu halte dan bus yang emang ada celahnya. Beruntungnya tuh kaki kaga kenape-kenape, kalo sampe tuh anak kakinya kenape-kenape yang ada ntar enyaknye dia tereak “Eh Andrian!! Madirodog lu yeee, ini anak gue kenapa kakinya bisa bengkok gini? Madikipe eman lu!”. Hiiiiii, ngeri.

Tujuan gue waktu itu adalah ngajak mereka naek Trans Jakarta, ke Kota Tua, naek kereta, ke Monas dan terakhir ke Masjid Istiqlal. Sebagian besar dari mereka (atau bahkan semua) belum pernah naek dan mengunjungi semua yang gue sebutin di atas, jadi kebayanglah gimana hebohnya bocah kalo ke tempat-tempat yang pertama kali dikunjungi. Heboh boh boh, pol dah hebohnya, kalah tuh gerombolan remaja putri yang nereakin gue di kolam renang.

Tragedi Trans Jakarta bukan satu-satunya hal yang bikin gue pengen bilang “saya gak kenal mereka kok, tadi nemu di dalem angkot”. Misalnya aje waktu ke Kota Tua, itu yang namanya meriam di depan museum Fatahilah kalo bisa ngomong pasti tereak “Woy sakit woy, jangan naek di atas punggung gue!!”. Lah itu bocah-bocah pada maen kuda-kudaan di atas meriam, tereak tereak minta poto pula.
Kasian yee meriamnya



Kejadian laen terjadi di Stasiun Kota. Berhubung setiap anak bawa duit ga banyak, (sebelumnya mereka emang gue suruh nabung biar bisa jalan-jalan, setiap anak cuma bawa 20 rebu sampe 35 rebu), jadilah kereta yang gue pilih kereta ekonomi. Rada lama nunggunya dan yang dateng duluan kereta Ekonomi AC, sebelum pada beringas pengen naek gue langsung memberikan ultimatum:

“Yang dateng ini bukan kereta kita, itu kereta tujuan akherat, jadi kalo masih pada betah di dunia kalem aja semuanya!”.

Pas kereta ekonomi dateng semua orang pada berebutan masuk, kaga peduli dah tuh yang di dalem kereta belom pada keluar. Kericuhan pun terjadi, bocah-bocah yang gue bawa pada panik, parahnya bocah yang kelas 2 SD sampe nangis saking paniknya. Gue sama si anak SMA jadi rada kewalahan buat ngadepin bocah-bocah bengis ini. Setelah gue tembakan peluru ke atas satu kali *berasa Parto Patrio* semua pada diem. Setelah suasana damai sejahtera, dan kami semua berdiri dengan gontai karena ga kebagian tempat duduk ada salah seorang yang berceloteh:

“Kok kita berdiri sih?”

“Iya nih kok berdiri? Udah gitu gak kaya yang tadi, ada pintu yang bisa nutup sendiri dan dingin di dalemnya. Ini mah panas” bocah laen menimpali.

Ini kalo gue kaga inget sama tereakan enyak-enyaknye udah gue lempar ke luar kereta kali nih bocah-bocah. Lah udah tau beli tiket ekonomi yang 1500 perak, minta macem-macem lagi. Biar mereka diem, jadilah gue bilang:

“Kan udah dibilang, yang tadi itu kereta tujuan akherat, jadi yah emang sengaja dibuat nyaman” Okeh gue emang membodohi mereka, yah biarlah dari pada gue jait mulut mereka biar diem.

Turun di stasiun Juanda tuh bocah pada takjub ngeliat Istiqlal. Pada ngerengek minta masuk, berhubung udah Dzuhur juga, kami pun mampir. Sampe di dalem Istiqlal semua pada melongo, takjub kayaknya. Kelar shalat kaga pada mau beranjak dong, pada pengen tiduran demi bisa melihat langit-langit Istiqlal yang emang ‘Wah’.



One Response to “Ngider Jakarta (2 A)”

  1. Setiap ke blog ini, postingannya selalu update dan menghibur
    Terimakasih yaa
    terus semangat blogging nya
    dan seneng banget bisa jalan jalan bareng Anak anak

    Love Jakarta