Budget Pernikahan (2)


.

"Kalo mau tau siapa penanggung biaya terbesar dalam sebuah resepsi pernikahan bisa dilihat dari posisi duduk orang tua mempelai di atas pelaminan" _Unknown_

Noh yang di atas pernah gue denger dari salah seorang temen tapi gue lupa siapa, ehehe.  Gue yang awalnya ga ngeh akhirnya bertanya-tanya, masa sih sampe segitunya? Beneran ya posisi duduk di pelaminan diatur berdasarkan siapa yang nanggung biaya resepsi? Beneran begitu ya? Masa sih? Sure? Yakin? Pasti? Entahlah........

Jadi emang sebenernya siapa sih yang seharusnya nanggung biaya resepsi? Pihak perempuan kah? Pihak lelaki kah? atau dua-duanya?

Sebenernya jawabannya tergantung. "Tergantung? Apanye yang digantung?" Yah pokoknya tergantung gimana kesepakatan kedua mempelai.

Kalo mau bicara lazimnya, sebenernya untuk urusan resepsi adalah hajatnya keluarga mempelai wanita jadi penanggung biaya terbesar dalam resepsi yah pihak wanita. Pihak wanita lah yang repot ngurusin resepsi termasuk nanggung biaya yang keluar. Pihak laki biasanya baru nanggung biaya kalo ada acara ngunduh mantu, resepsi yang emang diadain oleh pihak laki. Budaya di Belendung pun demikian, begitu juga dengan kebiasaan di beberapa daerah yang pernah gue jambangi.

Namanya juga lazimnya, jadi yah kaga mutlak. Kaga masalah juga kalo emang semua biaya resepsi ditanggung oleh pihak laki, ato yang lebih enak yah ditanggung bersama. Eh ada juga loh yang ditanggung sama pengantinnya aje, jadi bener-bener kaga ada campur tangan orang dari kedua keluarga. Mantep banget kalo yang begini, mandiri luarbiasa.

Siapa yang nanggung biaya biasanya berhubungan dengan bagaimana alokasi pembagian angpaw yang didapet nantinya. Kalo yang nanggung pihak perempuan yah hasilnya buat keluarga pihak perempuan begitu juga sebaliknya. Ada juga sih orang tua yang mengikhlaskan semua angpaw yang didapet buat pengantinnya, ohohoho senengnye kalo yang begini.

Jadi buat mentemen yang lagi berencana nikah, ga usah bingung mikirin siapa yang nanggung. Kalo emang ada duit yah ditanggung aje berdua, kagak pake bantuan orang tua. Kalo Ortu ga setuju, yaudah sesuai yang lazim aje atau kolaborasi kedua keluarga juga lebih asoy. Intinya hal beginian ga usah jadi aral yang melintang yang bisa menghambat jalannya rencana besar kita.

Semangat berencana!!