30 Hari Pemuja Manten, H - 27: Adat Pernikahan


.

Sepengelihatan gue buat acara resepsi pernikahan di Indonesia terdiri dari tiga macam kalo ditilik (Jaileeee ditilik..) dari konsep yang diusung, ketiga macam tersebut adalah:

1.      Tradisional
Selama ini sih tradisional yang menurut gue paling banyak dipake buat acara mantenan. Mungkin karena sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menjunjung tinggi adat-istiadat kali yeee jadi buat masalah mantenan pun gak luput dari hal itu.

Untuk konsep tradisional ini biasanya mengusung 1 adat yang ada di Indonesia dan semuanya itu diejawantahkan dalam berbagai hal, mulai dari pakaian, pelaminan, makanan sampai taria-tarian yang mewakili suatu adat tertentu

2.      Nasional
Nah kalo yang ini sih biasanya dipake sama orang-orang yang latar keluarganya multikultur, jadi daripada ada yang iri mending jadi nasional aja tanpa dominasi dari salah satu adat. Konsep nasional ini cenderung lebih simpel, gak pake prosesi adat yang emang agak rebek.

3.      Internasional
Buat konsep internasional biasanya cirri utamanya adalah pengantinnya pake bridal. Terus yang biasanya ada di mantenan internasional adalah kue pengantin yang segede gaban dan juga menuangkan wine di piramida gelas. Entah kenapa gue seringnya ngeliat yang pake konsep ini di Indonesia adalah masyarakat keturunan Tionghoa, mungkin gak juga, belum pernah liat soalnya gue.

Kalo gue sama si Neng gimana? Hehehehehe, gue orang Betawi tulen sedangkan si Neng campuran Jawa sama Minang dan kami pengen semua adat itu terwakili di kawinan gue ntar. Mungkin akan sedikit didominasi oleh Jawa, tapi tenang aje, Betawi dan Minangnya gak akan terlupakan kok. Bisa dibilang sih mantenan gue ntar campuran antara tradisional dan nasional, soale buat acara resepsi gak ada prosesi adat sama sekali, semua acara adat dilakukan sebelum resepsi. Kalo pas resepsi mah cukup simbol-simbolnya aja yang mewakili.