Duileeeh
dari judulnya berasa kaya orang yang paling gape dalam hal urusan perencanaan
pernikahan, hohoho. Kali ini gue mau berbagi pengalaman merencanakan
pernikahan, ini sih berdasarkan pengalaman pribadi aja, semoga membantu.
Kemaren sempet ada beberapa temen yang ngehubungi gue dan bilang bingung mau mulai dari mana buat persiapan acara mantenannya. Gue juga dulu sama sih, bingung mau ngapain dulu. Setelah gue manjalani persiapan setahun belakangan, gue bisa menyimpulkan bagaimana langkah-langkah yang ideal dalam mempersiapkan acara mantenan, disimak yaaa...
Kemaren sempet ada beberapa temen yang ngehubungi gue dan bilang bingung mau mulai dari mana buat persiapan acara mantenannya. Gue juga dulu sama sih, bingung mau ngapain dulu. Setelah gue manjalani persiapan setahun belakangan, gue bisa menyimpulkan bagaimana langkah-langkah yang ideal dalam mempersiapkan acara mantenan, disimak yaaa...
Langkah
Pertama
Ini
merupakan hal yang paling vital dalam urusan pernikahan, apalagi kalo bukan
calon pasangan. Dijamin deh mau sematang apapun persiapannya kalo kita miss
dengan hal ini bakal gak jalan acaranya. Itu sih sepengelihatan gue, soalnya
sampe saat ini gue belum pernah liat orang mantenan tapi cuma sendirian di
pelaminan, eh pernah deng, manten sunat tapinya. Oiya sekalipun calonnya ada,
hal lain yang juga gak kalah penting adalah doi mau diajak nikah. Jangan sampe
deh tuh pengantennya kabur pas hari H.
Langkah
Kedua
Setelah
calon sudah ada dan bersedia diajak nikah, berikutnya adalah minta restu kedua orang
tua masing-masing calon manten. Kan kalo kata Bang H. Rhoma “Ridho orang tua (bukan
Ridho Rhoma loh ya) Ridho Illahi”. Banyak sih yang nikah tanpa restua orang
tua, tapi gak seregep deh, persiapan juga jadi gak tenang pastinya.
Pokoknya usahain dulu restu dari orang tua baru kita melangkah ke tahap
selanjutnya. Wong kita nikah mau cari berkah kan bukan cari musuh?
Langkah
Ketiga
Kalau
semua udah oke, baru deh persiapan teknis dimulai. Nah biasanya calon manten
suka bingung mau mulai dari mana, nih gue share yang gue tau.
Pertama
kali yang ditentukan adalah mau diadain di rumah atau di gedung. Kalo di rumah
tentunya persiapan bisa lebih santai, nah kalo di gedung yang rada ribet.
Kalo
udah pasti di gedung, segera tentukan budget, tanggal pernikahan dan jumlah undangan yang mau diundang. Tigaa hal ini yang sangat memudahkan kita dalam
pencarian gedung. Kapasitas, harga dan letak biasanya yang menjadi komponen
utama dalam memilih gedung. Jaman sekarang emang agak susah buat nyari gedung
yang bener-bener masuk ke semua kriteria, jadi mesti jauh-jauh hari nyarinya.
Pokoknya sebelum melangkah ke hal lain cari gedung dulu deh.
Langkah
Keempat
Kalo
gedung udah dapet, baru deh kita bisa sedikit bernafas lega, amanlah buat
melangkah ke tahap selanjutnya. Berikutnya yang bisa kita lakukan adalah tentuin
adat yang mau digunakan dan cari vendor catering. Kalo minta penawaran catering
pasti yang ditanya adalah tanggal berapa, gedung mana, berapa undangan dan pake
adat apa. Kebayangkan kalo kita nyari catering duluan sebelum cari yang lain?
Langkah
Kelima
Kalo
gedung dan catering udah dapet selanjutnya sih tinggal ngurus printilan lainnya
macem undangan, souvenir, seragam keluarga, mahar, seserahan, KUA dll.
Intinya
tuh menurut gue, pastiin gedung dan catering dulu. Kalo keduanya udah dapet mah
udah cukup aman. Sisa yang lainnya tinggal kita kerjain pelan-pelan.
Berapa
lama waktu yang ideal buat nyiapin nikahan? Semakin lama persiapan pastinya
akan semakin baik. Gue sendiri udah nyiapin dari awal Januari 2012, yah kurang
lebih 15 bulan gue persiapan. Agak kelamaan sih, tapi gue ngerjainnya lebih
santai, gak buru-buru yang bikin hasilnya gak maksimal. Gue dapet gedung dari
awal Februari 2012 terus DP catering tepat setahun sebelum tanggal mantenan
gue. Setahun sisanya gue nyiapin printilan yang lain, dan sekarang masih ada
beberapa hal yang masih dalam tahap finishing, tapi tetep santai. Persiapan
jauh-jauh hari juga akan memperkecil kemungkinan timbulnya konflik selama
persiapan, banyak waktu juga kalo ada hal-hal yang terlewatkan. Terus
keuntungan lainnya adalah kita bisa lebih selektif dalam memilih vendor, ini
sangat penting menurut gue dalam keberhasilan acara mantenan.
Menurut
gue sih paling gak 6 bulan waktu buat nyiapinnya, jangan sampe terlalu mepet.
Temen gue ada yang baru h-3 bulan nyiapin mantenan doi dan diadainnya di
gedung. Edewwww riweuhnya minta ampun. Mulai dari susahnya nyari gedung sampe
dia masih ngerjain macem-macem di malam hari yang harusnya doi santai karena
paginya mau akad.
Hmmm
sebenernya kalo acara di rumah masih lumayan aman kalo persiapannya mepet-mepet
acara. Ato kalo budget yang ditetapkan selangit, tinggal cari aja WO yang
sanggup buat ngerjain semuanya dalam waktu singkat.
Gimana?
Udah ada gambaran? Semoga membantu ya buat yang masih bingung mau mulai dari
mana.
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =)) Post a Comment