30 Hari Pemuja Manten, H – 29: Langkah-langkah Persiapan Pernikahan


.


Duileeeh dari judulnya berasa kaya orang yang paling gape dalam hal urusan perencanaan pernikahan, hohoho. Kali ini gue mau berbagi pengalaman merencanakan pernikahan, ini sih berdasarkan pengalaman pribadi aja, semoga membantu.

Kemaren sempet ada beberapa temen yang ngehubungi gue dan bilang bingung mau mulai dari mana buat persiapan acara mantenannya. Gue juga dulu sama sih, bingung mau ngapain dulu. Setelah gue manjalani persiapan setahun belakangan, gue bisa menyimpulkan bagaimana langkah-langkah yang ideal dalam mempersiapkan acara mantenan, disimak yaaa...

Langkah Pertama
Ini merupakan hal yang paling vital dalam urusan pernikahan, apalagi kalo bukan calon pasangan. Dijamin deh mau sematang apapun persiapannya kalo kita miss dengan hal ini bakal gak jalan acaranya. Itu sih sepengelihatan gue, soalnya sampe saat ini gue belum pernah liat orang mantenan tapi cuma sendirian di pelaminan, eh pernah deng, manten sunat tapinya. Oiya sekalipun calonnya ada, hal lain yang juga gak kalah penting adalah doi mau diajak nikah. Jangan sampe deh tuh pengantennya kabur pas hari H.

Langkah Kedua
Setelah calon sudah ada dan bersedia diajak nikah, berikutnya adalah minta restu kedua orang tua masing-masing calon manten. Kan kalo kata Bang H. Rhoma “Ridho orang tua (bukan Ridho Rhoma loh ya) Ridho Illahi”. Banyak sih yang nikah tanpa restua orang tua, tapi gak seregep deh, persiapan juga jadi gak tenang pastinya. Pokoknya usahain dulu restu dari orang tua baru kita melangkah ke tahap selanjutnya. Wong kita nikah mau cari berkah kan bukan cari musuh?

Langkah Ketiga
Kalau semua udah oke, baru deh persiapan teknis dimulai. Nah biasanya calon manten suka bingung mau mulai dari mana, nih gue share yang gue tau.

Pertama kali yang ditentukan adalah mau diadain di rumah atau di gedung. Kalo di rumah tentunya persiapan bisa lebih santai, nah kalo di gedung yang rada ribet.

Kalo udah pasti di gedung, segera tentukan budget, tanggal pernikahan dan jumlah undangan yang mau diundang. Tigaa hal ini yang sangat memudahkan kita dalam pencarian gedung. Kapasitas, harga dan letak biasanya yang menjadi komponen utama dalam memilih gedung. Jaman sekarang emang agak susah buat nyari gedung yang bener-bener masuk ke semua kriteria, jadi mesti jauh-jauh hari nyarinya. Pokoknya sebelum melangkah ke hal lain cari gedung dulu deh.

Langkah Keempat
Kalo gedung udah dapet, baru deh kita bisa sedikit bernafas lega, amanlah buat melangkah ke tahap selanjutnya. Berikutnya yang bisa kita lakukan adalah tentuin adat yang mau digunakan dan cari vendor catering. Kalo minta penawaran catering pasti yang ditanya adalah tanggal berapa, gedung mana, berapa undangan dan pake adat apa. Kebayangkan kalo kita nyari catering duluan sebelum cari yang lain?

Langkah Kelima
Kalo gedung dan catering udah dapet selanjutnya sih tinggal ngurus printilan lainnya macem undangan, souvenir, seragam keluarga, mahar, seserahan, KUA dll.

Intinya tuh menurut gue, pastiin gedung dan catering dulu. Kalo keduanya udah dapet mah udah cukup aman. Sisa yang lainnya tinggal kita kerjain pelan-pelan.

Berapa lama waktu yang ideal buat nyiapin nikahan? Semakin lama persiapan pastinya akan semakin baik. Gue sendiri udah nyiapin dari awal Januari 2012, yah kurang lebih 15 bulan gue persiapan. Agak kelamaan sih, tapi gue ngerjainnya lebih santai, gak buru-buru yang bikin hasilnya gak maksimal. Gue dapet gedung dari awal Februari 2012 terus DP catering tepat setahun sebelum tanggal mantenan gue. Setahun sisanya gue nyiapin printilan yang lain, dan sekarang masih ada beberapa hal yang masih dalam tahap finishing, tapi tetep santai. Persiapan jauh-jauh hari juga akan memperkecil kemungkinan timbulnya konflik selama persiapan, banyak waktu juga kalo ada hal-hal yang terlewatkan. Terus keuntungan lainnya adalah kita bisa lebih selektif dalam memilih vendor, ini sangat penting menurut gue dalam keberhasilan acara mantenan.

Menurut gue sih paling gak 6 bulan waktu buat nyiapinnya, jangan sampe terlalu mepet. Temen gue ada yang baru h-3 bulan nyiapin mantenan doi dan diadainnya di gedung. Edewwww riweuhnya minta ampun. Mulai dari susahnya nyari gedung sampe dia masih ngerjain macem-macem di malam hari yang harusnya doi santai karena paginya mau akad.

Hmmm sebenernya kalo acara di rumah masih lumayan aman kalo persiapannya mepet-mepet acara. Ato kalo budget yang ditetapkan selangit, tinggal cari aja WO yang sanggup buat ngerjain semuanya dalam waktu singkat.

Gimana? Udah ada gambaran? Semoga membantu ya buat yang masih bingung mau mulai dari mana.