30 Hari Pemuja Manten, H – 23: Catering Pernikahan


.


Kemaren udah puas ngomongin gedung, sekarang gue mau ngomongin hal lain yang sangat penting dalam urusan pernikahan, Catering. Ketika gue nyari gedung, gue juga mulai nyari catering. Catering yang gue cari tentunya yang udah rekanan sama gedung yang gue datengin dan tentunya juga yang direkomendasiin langsung sama pengurus gedung itu.

Setelah dapet nama, gue langsung mulai mencari kontak masing-masing catering dan nelponin semuanya buat minta penawaran. Dari usaha gue mengontak catering ini, gue dapat menyimpulkan bahwa yang akan ditanyakan kalo kita minta penawaran adalah:
1.      Nama calon pengantin,
2.      Alamat,
3.      Adat,
4.      Gedung yang diinginkan,
5.      Tanggal acara, dan
6.      Jumlah tamu yang akan diundang.

Jadi inget banget-banget ya buat nyiapin semua hal di atas kalo mau minta penawaran. Sebenernya bisa aja sih nerka-nerka buat tanggal, gedung dan jumlah undangan, tapi kan ntar penawarannya gak terlalu valid. Oiya satu yang harus udah pasti adalah nama calon pengantin, gak usah iseng minta penawaran kalo calon aja belum nemu!! Hehehe..

Hasil gue mengontak semua catering gue dapet penawaran dari catering:
a)      Daffa,
b)      Maharani,
c)      Nabila,
d)     Mitra Wangi,
e)      Sawargi, dan
f)       Puspita Sawargi.

Gue minta dari mereka buat di beberapa gedung, yaitu:
a.       Balai Komando,
b.      Masjid At-tin,
c.       Sasono Adiguno,
d.      Pewayangan,
e.       Gdg. Antam, dan
f.       Deptan (tentunya).

Btw, kalo ada yang mau liat gambaran penawaran dari catering dan gedung di atas langsung minta aja yeee. Oiya gue minta penawaran buat 650 tamu atau 1300 porsi.

Setelah mempelajari semua, langkah berikut adalah meminta jadwal buat testfood. Buat testfood, masing-masing catering punya caranya masing-masing. Ada yang ngadain testfood dengan makan langsung dari buffet pengantin, ada yang ngebawain makanan pulang, ada juga yang ngundang ke tempat cateringnya langsung dan yang paling sering sih ngadain di tempat acara tapi di ruangan yang terpisah. Kalo menurut gue yang testfood langsung di buffet yang punya acara itu kurang ajar, berarti kan tuh catering ngurangin jatah yang punya hajat. 

Catering yang suka ngundang langsung ke tempat cateringnya itu yang gue tau Puspa Catering milik Tante Titik Puspa. Kalo yang dibawa pulang itu Alfabet Catering, kalo gue gak salah. Kalo gue sih selama ini testfood selalu di acara mantenan tapi di ruang terpisah. Nah buat yang di ruang terpisah ini aja ada yang emang niat ngadain testfood ada juga yang gak. Kalo yang gak itu yah cuma sekedarnya doang yang dia sediain, tapi kalo yang niat, huiiihhh mantep dah makanan yang disediain komplit. Bahkan mereka juga nyediain makanan yang gak ada di acara mantenan yang sedang berlangsung.

Setelah pengembaraan panjang pencarian catering tinggalah Daffa dan Puspita Sawargi (PS), terus terakhir-akhir muncul Sawargi Catering. Dari ketiga itu, Daffa kemudian dicoret karena rasanya yang masih kalah disbanding PS dan Sawargi. Btw, Puspita Sawargi dan Sawargi itu yang punya adek kakak loh, Tante Lynda sama Tante Lusy. Walopun yang punya adek kakak dan namanya hampir-hampir mirip tapi manajemennya berbeda, mereka gak ada sangkut-paut sama sekali.

Cukup lama prosesnya dalam menentukan mana yang akan dipake buat acara mantenan, gue dan si  Neng, tapi akhirnya dengan segala macam pertimbangan, akumulasi dari hasil testfood dan denger plus baca testimoni orang-orang yang pernah make PS dan/atau Sawargi, maka tepat satu tahun sebelum acara nikahan gue, gue menetapkan untuk menggunakan Puspita Sawargi. Gue DP untuk pertama kali di Bidakara Wedding Expo tahun lalu.

Bismillah, semoga pilihan ini gak salah. 

Buat hubungan gue dengan Puspita Sawargi, Tante Lynda khususnya akan gue jabarin menyusul yaaa.