Menang: Menjaga Semangat Kerja di Lingkungan Pekerjaan


.


“Ndri lu ikutan lomba nulis tentang menjaga semangat kerja ya?”

“Hah? Kok tau?!!?”

“Tadi kakak gue nelpon, katanya di kantornya lagi ngadain lomba nulis kisah ispiratif untuk menjaga semangat kerja di lingkungan pekerjaan, terus katanya kantor kita menang, ada foto guenya juga katanya yang di kalender. Paling lu kan yang ikutan?”

Huooo huhuhu lalalalala, tetiba gue langsung girang dikasih kabar kaya gitu sama temen kantor gue. Gak lama kemudian gue diforward-in email sama section head gue yang isinya:

And The Winner is....?

Hallo Bpk. Ivan dan rekan-rekan di YYYYYY (nama kantor gue)

Masih ingatkan tentang acara kita yang mengajak untuk share pengalaman di perusahaannya tentang bagaimana  cara atau tips dalam mempertahankan semangat kerja dan teamwork  anggota tim kita di perusahaan......
Dari puluhan kisah inspiratif yang masuk ke kita, akhirnya kami memutuskan pemenangnya adalah YYYYYY (nama kantor gue). Berikut kami share cara YYYYYY (nama kantor gue) dalam menjaga semangat dilingkungan pekerjaan:

1.      Senam Sore Bersama.
Ini merupakan kegiatan yang rutin diadakan oleh Perusahaan setiap Jum’at sore. Kegiatan ini cukup ampuh untuk mengembalikan semangat kerja setelah jenuh seminggu bekerja. Selain untuk menambah semangat kerja, kegiatan ini juga dapat menjaga kesehatan sehingga semua karyawan dapat terhindar dari penyakit. Kegiatan senam tambah seru karena dipimpin oleh instruktur senam yang berpengalaman dan bikin seger mata, hehe.


2.      Karaoke
Kegiatan ini sering kami lakukan terutama untuk kami di divisi HRDGA. Paling tidak kami lakukan sebulan sekali, bahkan pernah suatu waktu setiap minggu kami karaoke. Kegiatan ini sangat ampuh untuk menghilangkan stress, kami semua bisa nyanyi sambil teriak, joget-joget. Pokoknya menggila bersama untuk menghilangkan stress. Untuk lagu yang dinyanyikan, hampir semua jenis lagu kami putar, mulai dari pop, rock, jazz, melayu, lagu daerah hingga dangdut koplo dan qasidah berirama padang pasir.



3.      Makan Bersama
Kalau makan siang memang disediakan oleh kantor, jadi setiap siang kami biasa makan bersama dengan seluruh karyawan. Moment ini kami gunakan untuk mengakrabkan diri satu sama lain, bertukar informasi atau sekedar bersenda gurau untuk menghilangkan penat. Untuk divisi HRDGA, kami sering makan malam bersama. Paling tidak setiap habis gajian kami makan di resto yang sudah ada di list wajib dikunjungi, atau kalau ada yang ulang tahun juga kami selalu makan bersama. Kegiatan ini cukup menguatkan emotional bonding di antara kami.

4.      Kalender Meja
Karena kebetulan Perusahaan kami tidak membuat kalender corporate, maka kami divisi HRDGA berinisiatif untuk membuat sendiri kalender meja. Kalender ini berisikan foto kami semua. Setiap bulannya terpampang foto yang berulang tahun di bulan tersebut, beserta beberapa foto kegiatan yang kami lewatkan bersama. Keberadaan kalender ini sangat membantu kami dalam menumbuhkan semangat kerja. Oiya dihalaman pertama kalender ini tercantum nama pemiliknya juga, sehingga sense of belonging kami terhadap kalender ini kian terjaga.


Kurang lebih itulah yang biasa kami lakukan untuk menumbuhkan semangat kerja.

Hahahaha, jadi ceritanya tuh suatu waktu section head gue yang tak lain dan tak bukan adalah R. Ivan Budiman, beberapa hari gak masuk karena sakit, jadilah gue yang megang beberapa pekerjaannya. Mau gak mau gue juga mesti buka emailnya doi. Kebetulan waktu itu gue nemu email yang isinya kurang lebih:

Hello,
siap-siap, KEJUTAN datang, nih..

Hallo Bpk. Ivan dan rekan-rekan di YYYYYY (nama kantor gue)

Menjelang weekend, pastinya semangat tetap terjaga,kan?
Oh, ya. Jangan sampai terlewat  juga rencanakan aktifitas untuk mengisi weekend minggu ini.
Biar tambah seru, mari share ke kami apa aktifitas menyenangkan yang biasa dilakukan Bpk. Ivan dan rekan-rekan di YYYYYY (nama kantor gue) untuk menjaga semangat di lingkungan pekerjaan?

Serunya berlanjut, nih..
Bagi ceritanya yang inspiratif, keren, seru dan kece, siap-siap ya
Karena kita akan sediakan voucher menginap selama 1 malam untuk 4 orang di salah satu hotel di Darmawan Park...

Selain itu biar semakin asyik,
kami juga akan berikan fasilitas antar-jemput dan kejutan lainnya
Kok bisa? Iya, karena  cerita Bpk. Ivan dan rekan-rekan di YYYYYY (nama kantor gue) dapat memberikan inspirasi bagi rekan-rekan di perusahaan lain. Keren,kan?

Cerita inspiratif dan serunya kami tunggu sampai tanggal 24 Januari 2012 ya.

Gue yang emang haus sama kuis dan lomba langsung aje deh forward tuh email ke gue. Terus gue kirim cerita yang emang berasal dari kegiatan yang biasa dilakuin sama gue dan temen-temen kantor. Gak disangka-sangka gue bisa menang. Ohohohohoho...

Haaaaa rezeki.. rezeki.. Alhamdulillah banget dah.

So, udah berapa rezeki yang gue dapatkan dari kegiatan menulis? Hmmmmmm 3 kali meeen, hohohoho. Pertama waktu lomba notes FB buat pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2010, Alhamdulillah juara 1, dapet flash disk 4 GB dan makan bareng sama Ketua dan Wakil ketua yang terpilih (kebetulan tim mereka juga yang ngadain lomba). Terus yang kedua dari mantenhouse.com di mana gue nulis artikel bertemakan pernikahan, gue jadi 1 dari 2 pemenang yang beruntung buat jalan-jalan ke Thailand selama 4 hari 3 malem. Sekarang dapet dari Darmawan Park, Alhamdulillah banget dapet voucher menginap buat 4 orang di daerah Sentul, Bogor. *pamer maksimal*

Berikutnya? Hohohohoho sekarang gue lagi nunggu pengumuman sebuah proyek penulisan buku. Jadi ada salah satu penerbit bikin proyek buat ngeluarin buku yang isinya kompilasi cerita dari satu tema, ini kali kedua mereka bikin. Yang pertama cukup sukses, cuma gue waktu itu ga ikutan selain karena gak tau kebetulan juga gue belum menyentuh tema yang mereka usung. Nah kali ini gue ikutan dan ngirim 6 cerita. Hmmm semoga aje bisa kepilih di antara 150 cerita yang akan dibukukan, Amiiiiiinnnnnnnn…