Hal Menarik dari Thailand


.

Dari perjalanan ke Thailand September lalu ada beberapa hal menarik yang gue temuin, apa aja? Hayolah disimak:

  • Transportasi Sungai (Water Way). Hmmm pernah denger dong kalo di Jakarta sempet mau dibuat sarana transportasi di sungai atau disebut Water Way. Pas ke Thailand kemaren gue sempet nemu hal ini, letaknya tepat di samping hotel yang gue tempati, Dynasti Hotel. 





  • Thailand adalah sebuah negara kerajaan, jadi pastinya nih negara punya seorang raja. Nah kalo keliling Thailand pasti kita bakal nemu banyak foto Raja Thailand yang dipajang di berbagai spot di penjuru Thailand.


Ini foto di lobby Dynasti Hotel

Ini foto di pinggir jalanan Bangkok, bakal sering ditemuin kalo yang ini mah.

  • Transportasi darat yang ada di Thailand macem-macem. Yang khas Thailand sih Tuk-tuk, ituloh kaya bajaj tapi lebih gede dan nyaman. Eh gue juga nemu salah satu alat transportasi yang menarik, semacam oplet kaya yang ada di film 'Si Doel', uniknya dibagian belakang ditambahin space buat penumpang berdiri. Di beberapa ruas jalan raya udah dipisahin antara jalur mobil dan motor, hmmm bagus sih jadi kagak ada lagi adu bacot antara pengemudi motor dan mobil.


TUK tik tak tik TUK

Ini bemo yang kalo lagi rame sampe padat tuh yang berdiri di belakang.


Nah ini jalan yang dipisah antara mobil dan motor

Stasiun monorel, Thailand udah punya loooh...

  • Kalo mau jadi tukang ojek di Thailand itu mahel luar biasa. Setiap tukang ojek mesti punya lisence dan harus pake rompi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Warna rompi tergantung wilayah operasi. Di rompi tersebut terdapat nomer anggota, nomer ini menunjukkan jumlah tukang ojek ketika doi mendaftar. Harga lisence dan rompinya itu mahal luar biasa, kabarnya ada yang sampe puluhan juta Rupiah.


  • Sama dengan di Jakarta, di Thailand terutama Bangkok sering terjadi macet. Biasalah pertumbuhan jumlah mobil jauh lebih besar dari pertambahan jumlah ruas jalan. Katanya saking banyaknya mobil sampe parkiran gedung aje kagak muat buat nampung mobil yang parkir. Alhasil bisnis parkirpun digeluti masyarakat Thailand. Banyak bangunan yang emang dibuat khusus untuk tempat parkir. 


  • Kabarnya Thailand ga punya jaringan bawah tanah buat kabel telpon dan listrik, walhasil tiang listriknya semrawut kaya rambut nenek-nenek abis disasak. 




  • Waktu gue nyusurin jalan di sepanjang Pantai Pattaya nemuin jajanan pinggir jalan yang uwwooooowwwwwwwww, gorengan yang bikin merinding disko. Si abang penjual dengan bangganya menjajakan belalang, ulat pohon, kecoak sampe kalajengking goreng. Berani coba?


Ati-ati kalajengkingnya gigit balik!!

  • Kalo denger kata Thailand pasti yang terlintas adalah transgender. Jadi selama ke Thailand, September lalu, tour leader gue banyak cerita mengenai transgender ini. Jadi ada satu rumah sakit yang terkenal buat operasi ganti kelamin ini, yaitu RS. Yanhee yang terletak di Bangkok. Biaya untuk ganti kelamin sekitar 200 ribu Baht atau sekitar 60 juta Rupiah. Proses operasi sampe selesai bisa menghabiskan waktu 14 hari, kalo mau sekalian operasi pita suara nambah 3 hari lagi dan nambah biaya juga tentunya. Jadi dalam 17 hari jadilah seorang dengan jiwa yang baru, mau? ehehehe. Oiya seorang yang pengen operasi ganti kelamin ini mesti ikut tes psikologi juga harus menyertakan surat persetujuan dari orang tua, hayooo ijin dulu yee kalo yang berminat. Setelah melakukan transgender identitas si KTP tetep dengan jenis kelamin pria. Oiya gue juga sempet ke Alcazar Show, jadi bisa ngeliat langsung gimana rupa ladyboy yang emang cantik beneran. Btw, di buku The Naked Traveler 4 juga dijelasin nih masalah transgender ini. Udah baca?



Cantik yeee....

Nih hal menarik laennya yang sempet ketangkep di kamera yang gue bawa:

Katanya sih ini gedung tertinggi di Thailand

Ini ga tau apaan deh, menarik aje buat gue jepret. Yang jelas ini bukan toko boneka.

Noh aer mineral aje ada gambar tempat wisatanya, coba Aqua ada gambar Monas.

Ini pohon asem loooh, baru tau kalo pohon asem bisa dibikin jadi payung kaya gini. Oiya ini adanya di halaman Grand Palace.

Ikan yang bejubel paul di Sungai Chaopraya, kaga ada yang nangkepin loooh.

Seru yeeee sign toiletnya.

Yang ini lebih seru lagi.

Hmmm kira-kira hal menarik apa lagi yaaa yang ada di negara laen? Doain yeee semua, semoga gue punya kesempatan ke luar negeri lagi, kalo bisa sih gratisan lagi. Ihihihihihihi...


3 Responses to “Hal Menarik dari Thailand”

  1. seru banget artikelnya... telat gw bacanya bozz,, asli,,!!! :-D

  2. Andrian says:

    Hi "sebut saja saya mawar", thx ya sudah berkunjung..