Sesuatu yang Baru Di Commuter Line


.

*Haaa pengen bawel aaah, kaman-komen ape aje yang gue liat pagi ini. Okeh gue mau jadi komentator di tulisan kali ini, inget yeee komentator. Kerjaannya cuma komeeeen aje, ada aje keburukan yang ditemui. Padahal sendirinya mah juga kaga bagus-bagus amat, malah bisa jadi lebih buruk dari yang dikomenin.

Hooo kemaren (041012) ada peristiwa anjloknya kereta api yeee di Stasiun Cilebut. Kasian temen kantor gue yang rumahnya di Bogor, mesti naek bus dari Bogor menuju Wr. Buncit yang menyebabkan mereka telat. Parahnya lagi jalur tempat anjloknya kereta itu baru bisa dilewati lagi baru jam 8 malem, Hmmm semoga ga ada lagi yaa kejadian kaya gini.

Oiya ngomong-ngomong tarif kereta juga abis naik per Oktober ini, kenaikannya ga tanggung-tanggung pula, 2 rebu meeennnn. Hmmm sebenernya gue bukan pengguna rutin jasa angkutan kereta api sih, tapi si Neng iyee. Doi PP naik kereta Depok - Sudirman, jadi yaah secara tidak langsung gue tetep merasakan dampak ini juga. Hmmm tarif naek, fasilitas dan pelayanan ikut naek juga gak yaa? *Anker (anak kereta) silahkan dijawab*.

Kebetulan hari ini si Neng lagi cuti *info penting*, jadi gue minjemlah kartu commet-nya, ehehe lumayan bisa gue pake buat naek kereta Depok - Pasar Minggu sekalian ntar juga gue mau balik ke Belendung *info lebih penting*. 

Intinya pagi ini gue naek Commuter Line (CL) dari stasiun UI sampe Pasar Minggu, dan huwwowoooowwwww ada sesuatu yang beda dari CL saat ini. Gue kurang tau juga sih ke-huwwowoooowwwww-an ini bisa ditemuin di setiap kereta apa kebetulan aje gue beruntung dapet kereta yang huwwowoooowwwww. Ada 2 hal yang menurut gue baru dari CL yang tadi pagi gue naikin, yaitu:


TV tabung

Ada monitor di atas kanan pintu CL, kurang ngerti deh ada di setiap pintu atau cuma beberapa pintu aje. Biasanya sih kalo di tempat keramaian kalo pasang minitor itu pake flat screen, tapi ini gak loh. Monitornya dibungkus kotak warna putih yang secara keseluruhan bentuknya kaya TV dengan tabung.

Monitor ini menayangkan Company Profile (CP) PT. KAI, peta satelit setiap sampai di stasiun, gambar-gambar yang berhubungan dengan kereta dengan tulisan "A few minutes to xxxx Station" dan tayangan kehidupan bawah laut *mungkin dapet sponsor dari kerajaan Bawah Laut*.

Hmm semua tayangan yang ditampilkan tentunya tanpa suara, rada kurang efektif juga soale kalo pake suara. Urutan video yang ditayangkan itu CP, terus dipotong gambar yang berhubungan dengan kereta dengan tulisan "A few minutes to xxxx Station", lanjut CP lagi, abis itu peta satelit setiap ketika sampai di stasiun, setelah itu kehidupan bawah laut dan balik lagi ke CP, gitulah seterusnya. Gue emang cuma naek dari stasiun UI sampe Pasar Minggu, tapi yah itulah yang gue temui. Mungkin kalo gue naek dengan rute yang lebih jauh gue bisa nemuin tayangan yang lebih variatif kali yee.

Buat CPnya menurut gue terlalu sedikit yang digambarkan. Mungkin karena kepotong dan tuh video sebenernya durasinya panjang atau gimana, yang jelas sepanjang gue naek kereta tadi video CP diulang berkali-kali dengan durasi dan konten yang sama. Yang ada di CP cuma kehidupan bengkel sama kantor dan beberapa gambar kereta di rel.


Ketika kehidupan di bengkel ditayangkan, ada beberapa sign yang dihighlitgh, yaitu anjuran untuk pake pengaman kaki, pengaman kepala, masker, kacamata dan sarung tangan. Eh pas pekerjanya dishoot, jiaaaah kaga ada yang pake masker, sarung tangan ataupun kacamata. Hmmm kalo dishoot pas lagi istirahat makan atau lagi joget Gangnam Style sih mungkin wajar atributnya itu ga dipake, nah ini lagi ngelas dan melakukan kegiatan lainnya. Hadeeeuuuhhhh, kasian sign yang tadi dihighlight kaga diindahkan.

Pada dasarnya sih monitor ini sangat memberi hiburan, terutama yang tayangan kehidupan bawah laut. Lumayan kalo lagi naek kereta sendiri jadi bisa nonton tuh tayangan. Cuma kalo tayangan yang ada dimonitor itu-itu terus, yah mungkin di kemudian hari nilai hiburannya udah ga ada lagi.


Announcer

Waktu dulu jaman Trans Jakarta pertama kali diluncurkan, announcer ini ada di setiap unit. Tapi sekarang sih udah jarang gue denger, terutama di rute Harmoni - Kalideres. Nah kebalikannya dengan CL, kalo dulu gak pernah ada tapi sekarang ada.

Hmmmm kalo menurut gue announcer yang ada di CL suaranya agak cempreng dan iramanya juga agak gimanaaa gitu. Bukaaaaan, bukan berarti gue oke kalo jadi announcer, tapi kalo menurut gue sih seharusnya announcer yang akan didenger orang banyak mestinya suaranya gak cempreng dan intonasinya juga enak didenger, yaaah semacam announcer di mall-mall atau kaya yang di Trans Jakarta gitulah.

Kalo di Trans Jakarta announcernya cuma ada 1 tipe pengumuman yang disiarkan, kalo di CL ada 3 tipe, yaitu:
  • Ketika sampe stasiun bentuk siarannya: "Stasiun xxxx periksa barang bawaan anda dan hati-hati melangkah, xxxx station please check your belongings and step carefully".
  • Pas mau beranjak dari stasiun: "Pemberhentian berikutnya stasiun xxxx, Next stop xxxx station"
  • Ketika mendekati stasiun: "Beberapa saat lagi akan tiba di stasiun xxxx, In few more minutes entering xxxx station". Wait! "In few more minutes"? bukan "In a few minute" ya? Hmmm mungkin gue kurang menguasai Bahasa Inggris, atau...? Entahlah.
Gimanapun, announcer ini sangat membantu orang-orang yang ga biasa naik kereta, jadi ga bakal kelewatan stasiun. Kalo udah malem juga kan jendela CL suka ditutup, sekalipun dibuka pastinya udah gelap dan ga keliatan keadaan sekitar jadi tentunya juga kita ga bakal kelewat.

Hooo seru juga yeee jadi komentator, enak banget komen sana-sini tanpa tau gimana proses dan maksudnya. Gimanapun gue sangat menghargai usaha perbaikan dalam bidang transportasi di Indonesia, semoga kenaikan tarif ini juga sejalan dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan. Sukses terus yaaa dunia per-kereta api-an Indonesia.