Kere Traveler: Day 2 170912 (Bangkok - Pattaya)


.

Hoaaah hari ke-2 tiba, kalo dari jadwal sih lumayan padet nih hari. Setelah kelar beberes dan sarapan, semua rombongan langsung check out. Oiya ternyata hotel tempat gue menginap, Hotel Dynasty, terletak di samping sungai yang merupakan salah satu jalur transportasi di kota Bangkok, mungkin semacam water way yang dulu sempet mau ada di Jakarta.


Water way yang hampir ada di Jakarta

(Seolah-olah) foto bareng Raja ke-9 Thailand
Destinasi pertama adalah Wat Pho. Masuk ke sini dikenakan tarif 100 Baht atau sekitar 30ribu-an Rupiah.


Nih beberapa rombongan tour

Di dalem Wat Pho terdapat Reclining Budha, ituloh patung Budha yang lagi tidur miring dalam ukuran yang luar biasa besar. Oiya kalo masuk sini mesti pake pakaian yang sopan, pokoknya ga boleh pake yang mini-mini deh.
Gede yeee patungnye.

Ada juga yang beginian di Thailand sekalipun

Di pintu masuk kita bakal dikasih tas yang berfungsi buat naro alas kaki, karena kaki kita mesti bugil kalo mau masuk ke tempat patung Budha. Setelah melihat patung Budha sampai ujung dan melewati telapak kakinya yang segede gaban dan terbuat dari marmer dengan corak kaya kaligrafi, kita akan menemui deretan guci kecil yang bisa diisi dengan koin. Koin-koin ini tersedia di belakang patung Budha, kita ngasih donasi secara sukarela terus ngambil koinnya deh. Hmm kalo masukin koin ke dalem deretan guci kecil di belakang patung Budha itu sih dipercaya dapat membukakan pintu rezeki.

Nih tas buat naro alas kaki.

telapak kakinya segede gaban

Hayooo masukkan koinnya


Kelar dari Wat Pho lanjut ke Grand Palace, hoho buat yang ini gue udah dua kali. Grand Palace merupakan komplek istana raja. Tiket masuk Grand Palace 400 Baht atau sekitar 120 ribu Rupiah, lumayan mahal yeee? Grand Palace terbagi atas 3 bagian. Pertama adalah komplek candi, ini yang paling banyak orang datangi. Candi-candi beragam bentuk dengan dominasi warna emas dan bergaya campuran antara Thailand, Kamboja dan China. Oiya di salah satu candi ada yang hadiah dari Indonesia loh, semacam stupa kaya di Candi Borobudur.

Pohon asem bergaya payung




Ini patung hadiah dari Indonesia, kaya patung yang di Candi Borobudur

Geng Belanja

Bagian kedua adalah tempat menginap tamu raja. Bangunan megah bergaya Eropa ini ga dibuka buat umum, para turis juga jarang yang ngeh dengan nih bangunan karena yang letaknya emang agak dipojok dan dikelilingi pager yang naujubileh tingginya.

Hayoo yang pernah ke Grand Palace, ada yang ngeh ga ini di mana?

Bagian terakhir adalah bangunan bergaya campuran antara Eropa dan Thailand. Bangunan ini dihuni oleh Raja beserta pembantunya yang banyak. Oiya di dalem bangunan ini ada lukisan karya Basuki Abdullah looh. Sayang, lantaran letaknya yang emang deket pintu gerbang jadi kurang dilirik sama para turis.

Keren perpaduan budayanya


Ini dia guide lokal yang paseh berBahasa Indonesia

Peta Grand Palace

Setelah puas keliling Grand Palace, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Sungai Chao Praya. Gue dan rombongan bakal naik perahu tradisional buat mengarungi sungai menuju Wat Arun. Ketika naik perahu, rombongan diajak buat berhenti sejenak di tengah sungai yang deket kuil. Guide lokal kemudian menjual roti buat dilempar ke sungai, ketika roti dilempar, wew Amazing!!! Segerombolan ikan Patin langsung nyerbu. Gileee di sungai segede ini banyak terdapat ikan, hmmm kalo di Jakarta mah nih ikan pasti udah abis karena hijrah ke perut warganya.

Sungai Chao Praya


Segerombolan ikan Patin berebut roti

Setelah puas ngasih makan ikan, rombongan langsung dibawa ke Wat Arun yang merupakan salah satu candi Budha yang terletak di hulu sungai Chao Praya. Harga tiket masuk Wat Arun sebesar 50 Baht atau sekitar 15 ribu Rupiah. Sampe Wat Arun ternyata rombongan tur yang kebanyakan kaum Hawa malah langsung asik belanja, kaga pada peduli deh tuh sama candi yang menjulang tinggi dengan tangga yang cukup curam. Gue sih karena emang kaga ada duit lebih memilih buat keliling candi, eh ternyata ada yang lagi shooting film.




Curam kaaan tangganya?

Setelah rombongan puas belanja dan gue juga udah paseh sama semua sudut Wat Arun, kami langsung naek perahu lagi buat menuju restoran yang terletak di bantaran sungai Chao Praya. Ketika perahu udah menjauh dari dermaga ternyata ada salah satu rombongan yang tertinggal, akhirnya perahu balik merapat. Tragedi rombongan yang tertinggal ga sampe di situ aje, pas semua lagi asik mashuk menikmati santap siang, tiba-tiba tour guide nanyain keberadaan mas Awang, sesama pemenang lomba. Edodoe ternyata doi juga tertinggal di Wat Arun, bujug banget dah yaaa, udah ada 3 orang guide masih aje ada yang tertinggal. Setelah makan kelar dan balada rombongan tertinggal kelar, kami semua kembali naik perahu tradisional. untuk menuju tempat bis berada.

Perahu tradisional nan yahuud


Perjalanan dilanjutkan menuju Pattaya, tapiiiiiii berhubung ini rombongan tour jadi ga apdol rasanya kalo ga mampir buat belanja. Kami dibawa menuju pusat penjualan madu dan royal jelly. Dijelasin macem-macem dan icip-icip sana-sini, gue sih selama ada yang bisa diicip-icip yah seneng-seneng aje, tapi kalo disuruh beli? Hmmm jangan harap!! Ahahaha kasian penjualnya kalo semua turis kaya gue.

Kalo megang ini katanya kita bisa mohon 3 permintaan *mitos*

Nih abang-abang yang kerjaannya ngejelasin tentang madu dan royal jelly, paseh berBahasa Indonesia juga looh.

Display toko madu

Kemana distinasi berikutnya? Ohohoho Alcazar Show, cabaret waria yang sangat terkenal itu. Sayangnya tiket masuk Alcazar di luar paket tur, jadi kalo yang mau nonton mesti bayar tiket sendiri. Katanya guide lokal sih harga tiket pertunjukkan dibedakan berdasarkan asal negara. Kalo turis dari Indonesia 700 Baht atau sekitar 210 ribu Rupiah, tapi kalo turis Amerika dan Eropa dikenakan sampe 1400 Baht atau sekitar 420 ribu Rupiah, gileee mahell banget yeee?


Berhubung gue emang kaga ada doku jadi yaaah terpaksa gue ga ikutan nonton tuh cabaret. Sayang sih sebenernya, tapi yaudahlah yaaa, mending keliling Pattaya aje buat menelusuri kehidupan Pattaya *menghibur diri*. Puas berkeliling gue langsung balik ke tempat pertunjukkan, ternyata shownya udah kelar dan semua waria pada keluar. Kalo ada yang mau foto bareng kita mesti ngasih duit 40 Baht atau sekitar 12 ribu rupiah, ah lagi-lagi gue terbentur maslah duit, jadi yaaa curi-curi foto dari jauh ajeee. *kasian*

Cantik yeee


Curi-curi foto bareng







Puas memandangi waria-waria, kami semua menuju hotel, Baron Beach Hotel namanya. Lebih mantep dari hotel pertama, cozy dan nyaman lah pokoknya. Sebenernya setelah sampe hotel, rombongan yang mau melanjutkan buat ngeliat pertunjukkan "tiger show", pertunjukkan ahem-ahem yang gak kalah terkenal itu looh. Lagi-lagi gue terbentur masalah duit, 700 Baht meeeen, yasudahlah kayaknya gue emang ditakdirkan buat jadi orang baik-baik. Lagipula kayaknya lebih asik buat mendalami kehidupan malam hari di sepanjang pantai Pattaya deh, lebih banhyak yang bisa ditemuin *lagi-lagi menghibur diri*.





Snack yang maknyus, wanna try?

Kalajengking, kecoa, belalang semua ada





Ini dia hotelnya, manteeep!






Tunggu buat yang hari ke-3 yeee. *semoga cepet dateng mood nulisnya*