Kesel Dikit Boleh Yaaaaaa….


.

Ceritanya pan gue lagi kesel, jadi maap-maap aje kalo rada kaga sopan.


Sekitar sebulan yang lalu, enyak gue cerita kalo ada yang komen kaya gini:

“Elu mah enak, si Andrian di’beli’, jadinya dia kawin lu gak pusing nyari duit”

Denger komen itu sontak gue langsung geram, ditambah cerita ketika enyak gue berusaha menyangkal komen itu eh dibales dengan komen:

“Halah si Andrian kan kerja juga baru, mana mungkin dia punya modal cukup buat kawin”

Haaa diceritain gitu gue kesel sejadi-jadinya, tapi yaaah cuma sekedar kesel doangan, dan enyak babeh plus adek gue tau itu.  Awalnya kaga mau ambil pusing sama omongan orang sih, tapiiiiiii kemaren ketika gue pulang ke Belendung pas Idul Adha, enyak gue cerita lagi kalo ada yang komen kaya gitu juga, cuma komennya gak langsung ke enyak gue tapi ke salah satu encing gue. Haaaa yang tadinya ogah nanggepin jadi pengen bikin press conference!!

Anda tahu siapa yang punya komen demikian? Ada 2 orang, dan keduanya punya titel HAJAH. Heeaaaeeeee, Ibu Hajah yang mulia itu mulutnya bisa dijaga dikit kagak? Sumpel nih pake bulu idung!!

Hmm entah deh nih omongan udah seberapa luasnya menyebar, dan entah udah ada berapa banyak manusia yang terpengaruh dengan omongan Ibu Hajah yang mulia ini. Pengennya sih kagak mau nanggepin, tapi kok yaa rada gatel juga. Hmmm berhubung kagak ada wartawan yang mau gue undang buat press conference *siape gue?* jadi yah gue utarain di sini aje kali yaaa apa yang pengen gue tereakin di depan congornya Ibu Hajah yang mulia.

  1. Helllooooo Ibu Hajah pernah belajar Antropologi? Hmmm okeh anggap saja belum yeee jadi Anda tidak mengerti masalah budaya. Hmmm mungkin yang Anda maksud ‘beli’ di sini adalah tradisi ‘Uang Jemputan’ yang dimiliki masyarakat Padang Pariaman. Okeh Babehnya si Neng (BsN) emang orang Padang, tapi taukah Anda wahai Ibu Hajah yang mulia dari Padang sebelah mana doi berasal? Gak tau kan? Yaudah kalo begitu mending situ diem!!
  2. Gak tau juga kan kalo BsN udah sejak SD tinggal di Jakarta dan beliau menikahi seorang wanita keturunan Keraton Solo? Perlu Anda ketahui ya wahai Ibu Hajah yang mulia, masyarakat Jawa tidak mengenal istilah ‘Uang Jemputan’. Jadi kenapa Anda kekeuh marekeuh dengan istilah ‘beli’ itu?!!
  3. Okeh sekalipun kalo di keluarganya si Neng menganut budaya ‘beli pengantin pria’ seperti yang Anda maksud, ngapain juga beli gue? Lah doi sekeluarga dosen, sampe ke Eyangnya juga, lulusan S2 meeeennnn, sampe sekarang diusianya ke-82 th doi masih ngajar. Gue? Siapa coba gue Ibu Hajah yang mulia? Tau sendiri pan gue cuma lulusan S1, orang kampung pula, sama kaya lu Ibu Hajah yang mulia. Kaga bakal mau lah mereka. Kalo emang mesti beli mah mending yang bagus sekalian!!
  4. Ngerti kan kalo ‘beli’ itu berarti ada sejumlah uang/barang/jasa yang dikasih ke si penjual?? Lu udah nanya belum Ibu Hajah yang mulia ke enyak babeh gue? Udah nanya belum? Mending tanya sonoh, mereka nerima kaga hasil menjual gue? Kalo udah ada jawabannya baru boleh komen!
  5. Okeh gue tau mungkin emang lu doang Ibu Hajah yang mulia yang punya duit, lu doang yang bisa nikahin anak lu dengan ngejual semua ‘banda’ yang lu punya, bisa ngadain pesta meriah dengan semua harta yang ada di celengan ayam lu. Iyeee enyak babeh gue emang kaga punya apa yang lu punya, gue juga emang baru kerja, jadi lu dengan seenak jidat lu bilang kalo kaga mungkin gue punya modal buat kawin. Eh tapi lu pasti tau dooong kalo dari taun jebot ada istilah yang namanya ‘nabung’? Tau kan? Tau dong pastinyaaaaa?? Yaudah itu jawabannya dari segala underestimate lu terhadap gue!
  6. Kenape lu? Kaget? Siyok? Gue yang baru kerja setahun tapi udah berani minta nikah dan kaga bikin enyak babeh gue repot buat nyari modal? Hmmm gue sadar Ibu Hajah yang mulia kalo enyak babeh gue kaga punya duit, emas, tanah dan banda-banda yang laennya sebanyak lu, bahkan mungkin emang kaga punya. Gue kagak mau kaya anak-anak laen (mungkin termasuk anak lu) yang kalo nikah mesti ngeberatin orang tua, gue yang pengen, jadi gue yang mesti ribet bukan Enyak babeh gue. Jadi lu kaga usah mikir macem-macem kenapa enyak babeh gue begitu santai, kaga kelabakan nyari duit, padahal mau nikahin gue. Jawabannya udah cukup jelas, gue yang nanggung semua!!
  7. Ape lu? Masih mikir gimana bisa gue yang baru kerja setahun tapi udah punya modal kawin?? Hadeeeuuuuhhhh, tau banget yee lu tentang gue? Tau gak lu Ibu Hajah kalo gue udah kerja dari tahun 2008 sejak gue masih kuliah? Tau juga ga kalo gue udah mulai nabung buat nikah jauh sebelum gue lulus kuliah? Tau alesan kenapa sampe sekarang gue kaga pernah berani buat kredit motor padahal anak-anak laen dengan semangatnya ambil kredit walopun masih bekerja dengan status kontrak? Tau gak HP yang gue pake sampe sekarang? Cross “my pride my idol” wahai Ibu Hajah yang mulia!! Tau kan lu berapa harga tuh Hp? Bukan… bukannya gue kaga kuat beli BB kaya anak-anak lu, gue punya misi Ibu Hajah yang mulia!! Gue gak mau ngerepotin enyak babeh buat persiapan kawinan gue dan juga pengen bikin lu keki!

Sekarang jelas gak Ibu Hajah yang mulia? Kalo masih kaga ngarti terserah udel lu yang bodong aje deh Ibu Hajah yang mulia. Intinya gue bukan ‘barang’ yang bisa diperjualbelikan. Gue tanggung jawab dengan yang gue inginkan, ga ngerepotin orang laen dengan keinginan gue.

Hmmm gue tau, lu sebel yee karena gue dengan usia yang masih bisa dibilang muda tapi udah mau nikah sedangkan anak-anak lu yang jauh lebih tua dari gue masih singel? Hmmmm kasian banget kalo sampe begitu mah!! Kalo udah Hajah mah harusnya tau dong kalo jodoh dan rezeki udah ada yang ngatur, jadi kagak usah khawatir gitulah kalo gue ngelangkahin anak-anak lu!!

Haaaaaaa maap yeee buat pembaca yang kagak seneng sama tulisan gue ini. Ini lahan katarsis-an gue, ntar kalo udah ada wartawan yang mau gue undang buat press conference, janji deh kaga bakal lagi gue mengumpat lewat tulisan.