PangeRandom: #11 Lebaranan di Belendung


.

Hari ini gue baru akan ke Belendung, karena kemaren gue seharian di rumahnya si Neng terus lanjut ke Percetakan Negara, rumah Yangkungnya si Neng, sampe malem. Kemaren sih gue cuma nelpon Enyak Babeh gue aje buat memohon maaf, terus juga bilang kalo baru bisa ke Belendung hari ini.

Ngomong-ngomong soal lebaran di Belendung, si Neng pernah menuliskannya di sini. Jadi tahun lalu gue ngajak si Neng untuk berlebaran di Belendung, lebaran hari ketiga kalo gak salah. Si Neng yang langsung culture shock gitu, doi bener-bener kaget dengan budaya lebaran di Belendung. Berhubung gue orang Betawi, jadi keluarga gue semua ngumpul di Belendung dan ada beberapa yang terpencar tapi masih di sekitaran Belendung juga. Nah gue sebagai anak yang masih muda, wajib banget dah buat ngelilingin sodara gue satu per satu. Nah inilah yang bikin si Neng migrain, karena mesti mendatangi setiap rumah dan di setiap rumah itu gak cuma numpang lewat aja tapi mesti mampir dan memakan makanan yang disuguhi, yah paling gak setengah jam-an lah tiap rumah. Itung aje setengah jam kali 20an rumah *mabok*.

Hmmm gue yang udah terbiasa sih biasa aja, tapi tidak dengan si Neng. Budaya lebaran di keluarganya  si Neng yah cuma ngumpul di satu tempat, abis itu udah gak dateng ke masing-masing rumah. Kalo di Belendung gak, dulu waktu Engkong dan Nyai dari pihak Enyak gue masih ada, pasti di Lebaran hari pertama pada kumpul, tapi abis itu keesokan harinya tetep aje mestin keliling ke rumah kakak dan adeknya Enyak gue. Kalo sampe gak didatengi yaaah bisa dibilang belum lebaran, pokoknya bakal ditegur dan dicariin deh.

Jadi, sabar-sabar aja ya Neng. Hari ini kita bakal ngider lagi di Belendung.