PangeRandom: #16 Jauh Terasa Dekat, Dekat Terasa Jauh


.


Tanggal 18 Agustus nanti ada temen kantor gue yang akan nikah, temen gue ini orang Jogja dan ditempatkan di kebun. Gue juga kenal doi karen gue sering dinas ke kebun. Nah ternyata temen kantor gue ini calon istrinya deket rumah si Neng daaaan resepsinya akan digelar di halaman masjid deket SMP 3 Depok yang mana itu dekeeeet banget dari rumah si Neng, yasalam demen dah gue kalo begini, tinggal jalan kaki udah sampe. Oiya di hari itu juga, malemnya gue mau ada acara di Margo City, acaranya udah cukup lama direncanain. Gue udah ngomong ke si Neng dari sebelum lebaran kalo akan ada 2 acara di tanggal itu, si Neng sih oke-oke aja. Nah masalahnya, 2 hari yang lalu tiba-tiba Enyaknye si Neng bilang kalo di tanggal yang sama akan ada arisan keluarga daaaaaaaaan arisannya di Bandung. Yaaaaaah map ye Nyak, ayeh kagak bisa ikut. Si Neng udah gue suruh ikut ke Bandung tapi doi gak mau, lebih milih nemenin gue katanya, *peluk*.

Sebenernya gue dari kecil sangat asing dengan yang namanya arisan keluarga, acara yang tujuan utamanya buat kumpul keluarga yang selama ini terpisah ruang dan waktu. Mungkin alasan kenapa di keluaga gue gak pernah ada arisan keluarga yah karena sodara-sodara gue rumahnya gak ada yang jauh. Semua ada di Belendung, kalo misah sekalipun paling di sekitaran Belendung, cuma beda keluarahan atau kecamatan.

Semenjak gue pacaran sama si Neng dan udah ada tanda-tanda kalo kami akan melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan, gue suka diajak si Neng ke arisan keluarganya. Arisan yang diadakan tiap 2 atau 3 bulan sekali (tergantung keadaan) yang mengambil tempat kalo gak di Jakarta yah di Bandung. Kenapa 2 lokasi ini yang diambil? Soale arisan ini merupakan arisan dari keluarga Yangtinya si Neng. Jadi Yangtinya si Neng ini merupakan anak pertama dari 2 bersaudara. Adeknya Yangti itu namanya Eyang Sri Milir atau biasa dipanggil Eyang Madi (nama suaminya), doi yang punya Esti Salon. Nah Eyang Madi ini domisilinya di Bandung, maka jadilah arisannya digelar secara bergiliran antara Jakarta dan Bandung.

Menurut gue acara arisan keluarga sangat bagus sekali, terutama dalam mempererat tali silaturahmi. Kalo gak ada acara ini kemungkinan cucu Yangtinya si Neng gak akan kenal dengan anak, cucu dan menantu Eyang Madi begitupun sebaliknya. Pokoknya baguslah, paling gak jadi kenal sodara.

Gue juga sering dapet cerita dari temen-temen gue yang sodaranya tersebar di seluruh Indonesia, mereka rutin mengadakan arisan keluarga setiap 4 atau 6 bulan sekali. Nah di acara itu semua keluarga kumpul di satu tempat, sejauh apapun jaraknya pasti pada nyempetin buat kumpul. Gue aje ikutan seneng dengernya, pokoknya dibela-belain demi bisa kumpul keluarga, apalagi karena selama ini terpisah jarak yang jauh. Bener-bener deh berusaha mendekatkan yang jauh.

Terus gue berkaca pada keluarga gue, keluarga Betawi tulen yang semua keluarganya kumpul di satu wilayah. Bisa dibilang seluruh keluarga besar gue cuma ada di 2 kecamatan, udah gitu 2 kecamatan itu berdekatan pulak, *kasian*. Jarak emang deket, ketemu pun bisa kapan aja, tapi apa yang terjadi saat ini? Biar kata jaraknya deket tapi kami berasa jauh. Gue aja cuma kenal sama sodara yang merupakan keluarga inti dari Enyak Babeh gue, sisanya yang gue kenal adalah keluarga dari kakak/adeknya Engkong gue dari pihak Enyak yang rumahnya di sekitar rumah gue. Sisanya? Gue gak kenal sama sekali, gue rasa itu juga yang dialami sepupu-sepupu gue yang seumur atau lebih muda dari gue *miris*.

Silaturahmi paling juga kalo Lebaran, pas ada hajatan ataupun ada yang meninggal. Nah kalo udah ngumpul begini, lebih banyak yang gak gue kenal. Paling kalo lagi sama Enyak Babeh gue, baru mereka ngenalin gue ke sodara yang gak gue kenal. Intinya sih yang kenal sodara itu yang udah tua-tua aje, yang masih muda mah kagak bakal ngeh deh.

Gue ngomong begini emang gak berdasarkan hasil penelitian sih, tapi sepengelihatan gue yah emang inilah fenomena yang terjadi. Anak-anak sebaya dan yang lebih muda dari gue di keluarga gue udah gak kenal sodara. Bener-bener miris kalo dibandingin sama temen-temen gue yang keluarganya berjauhan tapi berusaha mendekatkan diri, sedangkan keluarga gue yang jaraknya sangat deket tapi terasa jauh. Hmmmm….