PangeRandom: #19 Japri Aje Mendingan!


.

Saat ini udah menjamur banget yee yang namanya aplikasi buat chatting, terutama yang bisa digunakan secara mobile. Awalnya dulu ada BBM (Black Berry Messenger), karena dirasa terlalu eksklusif maka munculah aplikasi chatting lain yang lebih inklusif, sebut saja WhatsApp, Line, Kakao Talk dan We Chat. Kesemua aplikasi ini laku banget tentunya kalo udah masuk Indonesia mah, pan orang Indonesia emang doyan ngobrol.


Awalnya gue gak terpengaruh sama aplikasi beginian, karena gak pake HP yang mendukung untuk memasang semua aplikasi itu sih sebenernya, hehe. Tapi setelah gue punya HP yang (sedikit) lebih canggih, akhirnya guepun terjerat dalam arus per-aplikasi-an ini. Langsung aje gue pasang semua aplikasinya, terus akhirnya 2 aplikasi gue uninstall lagi sih karena HP gue belum secanggih itu ternyata, jadi lemot luaaar biasa!! Saat ini gue cuma pake WhatsApp dan Line.

Pertama kali masang aplikasi-aplikasi ini langsung aje gue diundang oleh banyak grup buat bergabung. Pokoknya macem-macem deh grupnya, mulai dari temen kantor sampe temen lama yang udah gak pernah ketemu lagi. Gue sih pada dasarnya seneng-seneng aje buat gabung di grup manapun, lantaran gue juga emang doyan ngobrol, terus juga lumayan buat jaga silaturahmi. Manfaat lainnya dari grup ini adalah buat nyampein pengumuman atau buat janjian bareng, sangat mempermudah deh.

Selain kebaikan yang udah gue sebut di atas, ada satu hal yang sangat gue gak suka, yaitu keberadaan orang-orang di dalam grup yang sepertinya lupa kalo ada Japri (jaringan pribadi) atau PM (personala message). Hmmm gak tau ye, bawaannya senewen aje gue kalo ada pembicaraan yang sifatnya pribadi (hanya melibatkan 2 orang) tapi ngomongnya di grup. “Heeeyyyy kami gak ngerti loooooooh apa yang kalian bicarakan, kenapa gak PM aje sih?!!” rasanya pengen tereak kaya gitu aje gue kalo nemuin hal ini. Gue pribadi sangat terganggu dengan hal ini dan gue pasti langsung bilang (gak pake tereak sih) buat PM aje, lagian gak enak juga kalo pembicaraan yang sebenernya hanya ekslusif buat berdua tapi harus melibatkan orang lain yang belum tentu nerima.

Gampangnya sih emang gak usah dibaca tuh percakapan, tapiiiiii kalo udah keseringan? Gerah kan jadinya??!! Apalagi kalo sebuah grup yang dipake buat hura-hura, tiba-tiba dipake buat pembicaraan pribadi yang sangat serius, lalala yeyeye lalala yeyeye banget!!

Hmmm mungkin tanpa sadar gue pernah ngelakuin ini *timpuk pake bakul*, mungkin kalian yang baca juga sama. Jadi, yuk mulai saat ini kalo ada sesuatu hal yang mau diomongin oleh seseorang dan hanya melibatkan orang tersebut gak usah omongin di grup, langsung aja kirim message ke orang yang bersangkutan. Dijamin deh gak akan ada lagi yang merasa terganggu.