PangeRandom: #17 eM Be dan Ha eR De


.


Hey hoyy udah hari ke-17 aje nih proyek, berarti udah setengah jalan. Alhamdulillah sampe hari ini gue masih konsisten nulis tiap hari, belum pernah bolong sekalipun *jumawa*. Semoga konsistensinya bertahan sampe akhir proyek nanti, biar acara di tanggal 31 Agustus nanti memang merupakan hadiah dari proyek ini, amiiin..

Kali ini gue mau cerita mengenai kerjaan gue saat ini, lebih tepatnya korelasi antara kerjaan gue sekarang dengan kegiatan yang pernah gue geluti jaman kuliah. Saat ini gue kerja sebagai HRD di sebuah perusahaan perkebunan dan pengelolaan kelapa sawit. Sadar gak sadar, ternyata kerjaan gue sekarang sangat mirip dengan kehidupan gue waktu masih aktif di MBUI. Di MBUI dulu gue sempet ngejabat jadi Komandan Alat (Komlat) Tuba, Komandan Pasukan (Kompas) dan PO Kaderisasi. Ternyata eh ternyata kombinasi dari ketiga pekerjaan gue ini sangat erat kaitannya dengan HRD. Coba gue jabarin nih:

1.     Posisi HRD sama dengan posisi seorang Kompas, ada di tengah-tengah (dan ini sangat gak enak). HRD berada di antara Manajemen dan karyawan sedangkan Kompas berada diantara pengurus dan pasukan. Beneran deh gak enak kalo posisinya di tengah-tengah gini, atas neken bawah nuntut, kejepit jadinya.

2.     Salah satu jobdesc gue di kantor adalah melakukan sosialisasi kalo ada kebijakan baru, gak peduli deh kebijakan yang menyenangkan ataupun kebijakan yang bikin pedih. Biar kata gue gak setuju sama tuh kebijakan, gue harus bisa berperan seolah-olah gue setuju dengan tuh kebijakan dan juga harus menghadapi banyak protes seolah-olah guelah yang bikin kebijakan, Sama waktu gue jadi Kompas juga, semua protes harus gue hadapi kalo setiap ada kebijakan baru yang dikeluarkan.

3.     Jaman gue jadi Komlat Tuba, semua anak Tuba yang dateng telat ataupun gak latihan wajib ijin ke gue. Waktu jadi Kompas lebih heboh lagi, semua pasukan mesti ijin ke gue, jadilah HP gue selalu berdering mendekati jam latihan. Saat ini juga begitu, biar kata gue bukan orang yang megang langsung masalah absensi dan cuti karyawan, tapi ada aje karyawan yang tiba-tiba whassap ataupun ngirim email dan ngasih tau kalo doi gak masuk ataupun dateng telat.

4.     PO Kaderisasi kerjaannya hampir sama dengan kerjaan recruitment, training dan personalia. Nyari orang, ngasih pelatihan dan yang ngurus administrasi di awal kepesertaan.

5.     Satu kesamaan yang paling gue rasain antara pengurus dan HRD adalah sama-sama mengurusi hajat hidup orang banyak dan sama-sama sering dihujat oleh orang-orang yang hajat hidupnya kita urus *kasian*.

Hmmm berarti dalam hal ini MBUI bener-bener sangat membantu gue, gue jadi gak kaget lagi menjadi seorang HRD. Tengs beratlah buat MBUI yang udah membantu gue untuk menjadi HRD yang kuat menghadapi protes dan hujatan, hehe.. Tapi biar gimanapun, seru loh jadi HRD, seru banget malah…