PangeRandom: #21 Klakson


.


Bisa dibilang gue adalah pendatang baru dalam dunia “Pengendara di Jalan Raya”, baru abis nikah gue bawa motor buat kerja dan nganter si Neng. Sebeleumnya gue sangat jarang berkendaraan di jalan raya, apalagi di jalanan ibu kota yang luar biasa heboh. Awal-awal gue bawa motor, gile kagok luar biasa, ganas-sanas meeen bawanya. Sebagai pendatang baru gue tentunya masih sangat santun dan langsung shock menghadapi pengendara motor lainnya, angkot dan bis kota juga suka bikin sport jantung.

Ada satu hal yang bikin gue selalu berucap “Apaan sih!!? Berisik banget!” kalo lagi bawa motor. Klakson! Yup klakson, perangkat yang ada di kendaraan yang sedianya digunakan untuk memberi tanda kepada pengguna jalan lainnya agar tidak terjadi kecelakaan. Tapiiii, gue sering banget nemu pengemudi yang seneng bener mencetin klakson, pokoknya kaya anak kecil nemu maenan baru. Kalo mencet klaksonnya di saat yang emang seharusnya sih gapapa, nah ini seringkali kalkson dipencet pas emang lagi macet yang mana semua kendaraan gak bisa bergerak. Kalo mau nerobos macet mah mending naik ambulans aja kaleeee.

Terus pas minggu lalu Jakarta lagi lengang, walopun lagi lampu merah, jalanan tetep kosong pan tuh. Alhamdulillahnya masih ada masyarakat yang tertib, tetep berhenti walopun jalanan kosong. Sayangnya lebih banyak lagi masyarakat yang gak tertib dan dengan songongnya mencetin klakson ke pengendara lain yang berhenti karena menghalangi niatnya buat nerobos lampu merah, haeeem banget dah!!

Semoga suatu saat setiap mencet klakson dikenakan tarif, jadi semakin dikit pengendara yang begitu royal mencet klakson.

4 Responses to “PangeRandom: #21 Klakson”

  1. Zaman sekarang, klakson itu punya perluasan makna Ndun: mentransfer energi kesel dari satu pengendara ke pengendara lainnya.

    Yang ngga ikut-ikutan mencet klakson yaaa.. selamet deh dapet kesel doang.

    Kalo di Zimbabwa ada peraturan di mana wanita yang menjerit saat melahirkan disuruh bayar, SEMOGA di Indonesia pengendara yang klaksonnya hobi 'menjerit' juga disuruh bayar. AAMIIN BANGET!

  2. Haha lucu aje di Zimbabwe, gile berarti kalo mau pada berojol disumpel semua ye mulutnya..

    Amiiin, semoga bisa berlaku juga di Indonesia dan dikenakan kepada semua yang hobi mencet klakson..

  3. kalo versi ogut sih.
    pas macet ttp klakson dengan maksud agar yg depan ogut dan depannya lagi lalu depannya lagi serta depannya lagi juga mencet klakson...
    hingga paling depan diujung Penyebab macet.
    misal ada angkot ngetem.
    sedangkan pengendara terdekat msh SOPAN aje diem.
    PAYAH itu.
    nah...makanya diklakson lah dr jarak seribu kilometer.
    jd niatnya efek domino.
    berlanjut.
    ampe yg pembuat macet binasa.
    hehehe

    intinya berpikir "lebih jauh" :D

    jd mencet klakson jangan kegeeran ente yg didepan yg ngalangin...tp kode buat yg depan "sono" geser.

  4. Andrian says:

    Hoooo gitu ya? Ga pernah kepikiran ayeh..

    Tapi seringkali yang gue temuin gak kaya gitu, soalnya kadang klakson bunyi ketika di depan emang lagi lampu merah atau bahkan macet karena ada kendaraan mogok atau forcemajeur lainnya..