PangeRandom: #12 Catetan Lebaranan di Belendung


.

Lebaran hari ketiga berarti tinggal satu hari lagi liburannya, oh nooo!!

Oiya perihal lebaran di Belendung kemaren, si Neng masih tetep migrain loh! Tapi kami sempet bermalam di Belendung, jadi migrain udah ilang ketika balik ke Depok. 

Ada beberapa catetan dari lebaran gue dan si Neng kemaren. Pertama adalah jalanan Depok – Belendung luar biasa lengan, hooo bener-bener kosong deh. Gue sengaja berangkat lebih pagi, jam setengah 7 dari Depok, daaaaaan sampe Belendung sebelum jam setengah 8. Ini amazing!! Biasanya ditempuh dalam kurun waktu 2 – 2,5 jam, sekarang gak sampe sejam. Oh andai bisa setiap saat kaya gini.. Udah yang mudik gak usah pada balik yaaaa, kan bisa tuh membangun daerah asal masing-masing biar oke *ditampar pake ketupat*.

Selain soal jalanan, kemaren gue sempet mampir ke rumah baru sepupu gue. Meeeeeeeeeeeeen rumahnya gede benerrrr, udah kaya lapangan bola. Pokoknya luas seluas-luasnya umat deh. Kamar mandinya aje udah seluas kamar gue, terus dapurnya aja lebih gede dari rumah gue yang lagi dibangun. Penting banget yeee nyeritain tentang sepupu gue ini? Haha. Jadi sepupu gue ini nikah sama anak tirinya Musdalifah, iyeeee janda tajir melintir yang nikah sama Nassar KDI. Udah lama sih mereka nikah, pokoknya dari (alm) H. Nurman (suami Musdalifah yang udah meninggal) masih ada. Jadi ternyata setiap anak dari (alm) H. Nurman itu dikasih rumah super gede, mobil dan uang sejumlah sekian Rupiah (ini juga gede) setiap bulannya *nikmat yee?*. Rumah yang dikasih itu model dan luasnya sama semua buat keenam anak tirinya Musdalifah. Rumah model Mediterania dengan tiang besar dan ukiran di sana sini, yah mirip-miriplah sama rumahnya Musdalifah, sayang gak sempet gue foto.

Rumah mewah Musdalifah di Belendung

Rumah Musdalifah beserta masjid yang lagi direnovasi

Dan gak sengaja nemu link ini. Gileeee rumah Musdalifah dipamerin secara brutal..

Catatan terakhir adalah mengenai bahasa. Jadi biar kata gue pacaran sama si Neng 4 tahun lebih dan kami nikah juga udah lebih dari 4 bulan, masih ada aja kosakata Betawi yang si Neng gak ngarti. Jadi tiap ada kosakata baru yang dilontarkan keluarga gue, si Neng pasti masang muka cengo tanda tak mengerti. Pada saat itulah gue berperan sebagai penterjemah. Hmmm gue share aje ye di sini beberapa kosakata Betawi yang kali aje bisa berguna nantinya.

Bokor              : Piring (biasanya dari bahan plastik)
Tesi                  : Sendok
Ringkok          : Mangkok
Empel-empel   : Pelan-pelan
Peles                : Toples (buat naro kue, bukan gak pake baju yee)
Oyok-oyok      : Kejar-kejar
Ngampleh        : Terkulai (Gak usah nanya terkulai apaan, gue juga bingung ngejelasinnya)
Goroh              : Bohong
Dinganan         : Lagian
Ngudag           : Ngejar
Nibrah             : Loncat
Pere                 : Libur (asalnya dari kata free, kayaknya)
Kadanan          : Ah masa? (Ekspresi gak percaya
Gerohin           : Panggil
Beberekan       : Tereak

Hmmmm masih banyak lagi sih kosa kata yang laen, tapi gue lupa, hehe. Ntar kalo gue inget, gue tulis lagi..

Udah sih itu aje catetan dari lebaran di Belendung tahun ini dan gue gak akan pernah bosen, bahkan bisa dibilang gue akan selalu merindukannya.