PangeRandom: #9 Buka Bersama


.

Akhirnya gue ngerasain libur juga, hoho..

Eh gak berasa banget yee Ramadhan udah mau berlalu aja, rasanya masih pengen berlama-lama di bulan penuh berkah ini. Ngomong-ngomong soal Ramadhan, salah satu hal yang paling khas dari Ramadhan adalah kegiatan “Buka Bersama”. Kegiatan ini entah hanya berkembang di Indonesia atau di seluruh negeri yang ada pemeluk Islamnya, kagak tau gue, hehe..

Bareng Neng dan Kader 2010 di Abuba Tebet

Hayo coba diitung, ada berapa jadwal buka bersama selama Ramadhan tahun ini? Gue aje kaga keitung, hampir tiap hari adaaa aje jadwal buka bersama, bahkan sampe tadi malem aje masih ada jadwal buka bersama mantan pengurus MBUI 2010. Gue kurang ngerti gimana awalnya kebiasaan ini bermula, yang jelas kegiatan ini bener-bener jadi ajang silaturahmi dan reuni. Kalo udah dateng Ramadhan pasti orang-orang langsung sibuk buat ngatur jadwal buka bersama, baik dengan temen yang setiap hari ketemu maupun temen yang udah lama gak ketemu.

Pengurus MBUI 2010 di Pizza Hut Gatot Subroto

Fenomena yang menarik dari kegiatan ini juga adalah hebohnya jejaring sosial kalo mendekati saat berbuka maupun setelahnya. Gak percaya? Coba aje cek twitter kalo mendekati saat berbuka, pasti ada aja orang-orang yang ngasih tau di mana mereka berbuka di hari itu. Terus juga kalo udah malem atau keesokan paginya, buka facebook atau path, pasti adaaa aja yang ngepost foto-foto saat berbuka atau foto makanan yang dijadikan menu untuk berbuka. Apa motif dari ini semua? Sadar atau gak, mau ngaku atau gak, semua itu adalah ajang pamer. Pernah ngelakuin?

Pose yang paling sering muncul di jejaring sosial kalo Ramadhan dateng

Sebenernya acara buka bersama ini merupakan kegiatan yang sangat baik karena bisa menyambung tali silaturahmi, tapi ada juga hal negatifnya. Meeeeeeen boros banget deh beneran, bener-bener menguras duit kegiatan buka bersama ini. Kalo diitung-itung, selama sebulan ini gue dan si Neng menghabiskan lebih dari sejuta buat berbuka, aiiihmateee, gile banget yee? Itu aja ada beberapa kegiatan buka bersama yang gratis, kalo semuanya bayar mah udah makin membengkak deh.

Kumpulan foto buka bersama gratis yang (sedikit) menyelamatkan isi dompet.
Pas GM kantor gue ulang tahun, di Omah Solo Warung Buncit

Buka bersama di kantor lama, di kantor PT. RDP Pejaten

Di rumah manajer departemen sebelah, Ciracas

Nah yang ini di RM. Padang Sederhana, Opah Direktur Umum yang bayar. *kalap*

Hmmm tapi mau gimanapun,kegiatan ini mah pasti selalu ditunggu selama Ramadhan.