PangeRandom: #25 Tukang Urut


.


Kelar ditubruk PPD segede bagong Jum’at lalu gue langsung nyari tukang urut. Badan gue sakit-sakit semua, kayaknya buat gue emang sebuah hal yang wajib kalo abis jatoh itu diurut. Kalo sampe gak diurut, malemnya dijamin gak bisa tidur deh karena badan nyeri semua.

Gue kemaren diurut sama enyak temennya si Neng, sebut saja Bu A, kayaknya sih lumayan tenar dikawasan Depok. Teknik ngurutnya mantep, doi tau masalah per-urat-an. Bu A ini juga bisa urut buat nurunin lemak loooh, katanya menghabiskan waktu sampe 5 jam kalo buat urut lemak, huwooowwww. Oiya satu lagi yang oke dari Bu A, doi bisa melihat makhluk halus!! Dari kelaas 3 SD meeen doi udah terbiasa ngeliat “begituan”. Dengan vulgar doi cerita gimana awal mulanya sampe akhirnya bisa berakrab-ria dengan mereka *merinding*.

Kalau dari pengakuannya, Bu A mulai bisa ngurut sejak 2005, sekitar 8 tahun yang lalu setelah suaminya meninggal. Doi bilang kalo beberapa hari ada suara yang menggaung bilang “Semoga tanganmu bisa menyembuhkan banyak orang”, *ini agak ngeri yaaa?*. Terus untuk tekniknya sendiri gimana? Doi dapet tutorial lewat mimpi, di setiap mimpinya dikasih liat teknik urut macem-macem. Mulai dari urut keseleo, urut lemak, urut bayi, urut Ibu setelah melahirkan dan urut-urut yang lainnya, *yang ini canggih!*

Di tengah proses urut terjadi percakapan:
Bu A: BA, Gue: G
BA       : Masnya sering diurut gak?
G         : Waktu di rumah (Belendung) sih sering, nenek saya kan juga tukang urut. Ibu saya juga bisa.
BA       : Hmmm berarti bener batin Ibu, saya tau kalo Mas adalah turunan tukang urut.
G         : (Nah loh, si Ibu ini bisa nerawang). Oh gitu ya Bu? Ibu kok bisa tau?
BA       : Gak tau, tiba-tiba aja saya ngebatin pas ngurut Mas.
G         : (gak melanjutkan pertanyaan, takut si Ibu membongkar aib gue di depan si Neng yang setia nemenin gue diurut)

Hayooo dari mana Bu A tau kalo gue turunan tukang urut? Hmmmm mungkin kelihatan dari bentuk tangan gue kali ya? Jadi kaya ada stereotype gitu bentuk tangan turunan tukang urut. Eh bisa juga karena gue doyang ngomong, kan biasanya kalo tukang urut demen banget ngomong tuh. Beneran loh, selama ini tukang urut yang gue temuin pasti doyan ngomong. Mereka akan ngajak kita ngobrol di sepanjang proses urut, adaaaaa aja bahan obrolannya. Jadi kalo ente-ente pada mau jadi tukang urut, mesti punya segudang bahan obrolan dulu baru bisa. Mungkin ini juga salah satu syarat kelulusan kalo ada sekolah keahlian urut, mungkin loh yaaa.

Oiya perkara asal-usul gue, gue emang ada turunan tukang urut. Nyai (nenek) dari pihak Enyak gue dulu tukang urut kondang di sekitar Belendung, dikenal dengan panggilan Emak Hj. Amsah, sekarang beliau sudah wafat. Nyai gue itu dulu biasa ngurut di sekitaran Belendung dan Perumahan Angkasa Pura II di Batu Ceper. Oiya, almarhum Engkong (kakek) gue dulu juga semacam mantri gitu, pokoknya bisa menyembuhkan orang sakit, beliau juga imam masjid gitu. Ini kalo diliat dari turunan seharusnya gue jadi oke banget yeee, tapi…. yasudahlah. Hmmm paling gak gue bisa membanggakan mereka, setidaknya ada cucunya yang bisa sekolah sampe tingkat S1, di UI pulak *sombong bin norak*.

*Ini harusnya tulisan diposting dari kapan tau, tapiiiiiiii... hmmm godaan proyek nulis random ini semakin berat*

UPDATE!! Bu A sekarang udah pensiun dari dunia perurutan, alesannya kurang tau gue.

One Response to “PangeRandom: #25 Tukang Urut”

  1. Rain Lee says:

    kak ada nomor kontaknya bu liz gak?...klw ada tolong email ke aku donk... emailnya: rainraf@outlook.com