PangeRandom: #14 Istri Kerja Atau di Rumah?


.


Satu-satunya hiburan masuk hari pertama setelah libur lebaran adalah jalanan yang masih lengang, sisanya mah haeeemmmm. Masih pengen tidur, males-malesan dan kruntelan bareng si Neng. Hoaaaammmmmmm……..

Btw, selamat yeee untuk tim Bulutangkis Indonesia yang berhasil meraih 2 gelar juara dunia buat nomor ganda putra dan ganda campuran. Kemaren gue gak nonton sih, cuma mantengin via twitter aje. Oiya ngomong-ngomong soal twitter, kemaren juga ada pembahasan menarik antara gue dan 2 orang temen MBUI. Pembahasannya seputar istri bekerja atau tidak setelah menikah. Awalnya sih salah seorang temen gue yang cowok ngetwit, kalo doi udah berkeluarga gak mau istrinya bekerja, nah temen gue yang cewek mempertanyakan kenapa demikian. Nimbrunglah gue, karena menurut gue ini pembahasan yang menarik.

Kebanyakan laki emang pengen punya istri yang bisa secara langsung mengurusi urusan rumah tangga, terutama dalam hal merawat anak, makanya gak pengen istrinya kerja. Ada juga yang merasa kalo urusan cari nafkah adalah tanggung jawab suami, jadi gak mau membebankan istri untuk ikutan mencari nafkah. Namun kenyataan saat ini, banyak istri yang gak terlalu nyaman kalo terus-terusan di rumah, apalagi kalo yang masa mudanya aktif, pasti bakal bosen banget kalo harus selalu berada di rumah. Banyak juga yang beranggapan, sayang pendidikan tinggi kalo pada akhirnya cuma di rumah aja. Nah karena banyaknya perbedaan pandangan ini, sebaiknya sebelum benar-benar mantap untuk menikah, disamain dulu visinya. Pokoknya obrolin dulu hal ini dan bikin kesepakatan yang dapat diterima keduanya. Jangan sampe deh hal ini bisa menghancurkan biduk rumah tangga. *Jaileeeh omongan gue udah kaya konsultan pernikahan aje*

Bagaimana dengan gue? Gue juga pengen punya istri yang dapat mengurus langsung rumah tangga kami, terutama dalam hal mengurus anak. Tapi gue juga gak serta-merta ngelarang si Neng buat berkegiatan atau bekerja, karena gue tau kalo si Neng waktu gadis adalah manusia yang aktif, secara yeee doi juga sama kaya gue, anak MB. Terus juga Enyaknye si Neng sampe sekarang masih kerja, jadi gue yakin si Neng juga pengen mengikuti jejak Enyaknye. Kayaknya si Neng juga tipe orang yang pengen punya duit sendiri. Jadi saat ini gue gak masalah kalo si Neng mau kerja. Tapi gue juga udah sering ngomongin ke si Neng kalo kayaknya gak akan selamanya seperti saat ini, gue dan si Neng berangkat kerja jam setengah 6 pagi dan sampe rumah paling cepet jam 7 malem. Gue juga gak tega kalo si Neng mesti bercapek-capek ria kaya gitu. Gue sih ngasih beberapa opsi kie si Neng biar doi tetep berkegiatan tapi juga bisa ngurus urusan rumah tangga. Pertama gue nyuruh si Neng buat jadi PNS di Depok, alesannya sih karena lokasi kerjanya deket rumah dan juga jam kerjanya gak segila kantor yang sekarang. Opsi berikutnya adalah si Neng jadi freelancer di kantor gue yang lama, jam kerjanya gak terlalu mengikat tapi si Neng tetep ada kegiatan dan punya pemasukan. Opsi terakhir adalah tetep kerja di kantor yang sekarang, tapi minta pindah ke cabang yang di Depok. Hmmm mungkin akan ada opsi-opsi lainnya, tapi yang pasti bisa mengakomodir keinginan kami berdua.

Oiya buat opini yang mengatakan “sayang pendidikan tinggi-tinggi kalo akhirnya cuma ngurus rumah tangga aja” gue sangat tidak setuju. Menurut gue gak ada salahnya perempuan berpendidikan tinggi mengurus rumah tangga. Alesannya yah karena pendidikan itu dapat membentuk karakter seorang perempuan, doi akan lebih oke dalam mengurus rumah tangga dengan ilmu dan pengalaman yang dia punya. Terus juga pendidikan tinggi itu sangat penting dalam urusan mengurus anak. Kan miris kalo orangtuanya berpendidikan tinggi tapi anaknya malah diurus dan dididik oleh pembantu yang (mungkin) SD aja gak lulus.

Yah intinya sih semua balik lagi ke pribadi masing-masing. Inget yeee, samain visi dulu sebelum melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan.

4 Responses to “PangeRandom: #14 Istri Kerja Atau di Rumah?”

  1. Debby says:

    Bokap n kakak gw juga sependapat sama elo ndun. perempuan disekolahkan tinggi2 tujuannya supaya bisa mengajari anaknya dengan baik, masak' anak diajarin sama pembeti yg bahkan mungkin ga lulus SD. itulah akhirnya yg membulatkan tekad kakak gw buat resign :)

    baca deh postingan kakak gw di link ini, buat referensi:
    http://mommiesdaily.com/2013/04/23/my-mom-and-i/

    Debby

  2. Lalu, bagaimana dengan Anda wahai Nyonyah Venda? Hehehe...

    Gue udah baca tulisan kaka lu, bagus yee tulisannya..

  3. Debby says:

    Gw sih kayaknya lebih nyaman jadi working mom, dg catatan anak gw boleh pake BS tp ttp di bawah pengawasan nyokap :)

    eh ini ndun blog kaka gw:
    http://cushionhole.blogspot.sg/

  4. Semoga bisa terlaksana yeee, lumayan juga Enyak lu jadi ada hiburan di masa pensiunnya.

    Btw, tengs yee link blog kakak lu..